Pengantar Manajemen.
Manajemen merupakan hal yang terlihat sederhana namun
sebenarnya begitu kompleks. Banyak sekali bagian-bagian yang perlu diperhatikan
dalam manajemen. Sehingga untuk mempermudah hal
tersebut diperlukan adanya pengantar.
Sama seperti
dalam matematika dan ilmu lain, manajemen memiliki pengantar materi
sebelum menuju hal advance dari manajemen. Pengantar ini
biasanya berisi hal-hal mendasar dalam manajemen seperti pengertian, fungsi, tujuan, dan lain
sebagainya. Untuk itu dalam konteks ini kita akan ketahui apa saja yang
termasuk dalam pengantar manajemen mulai dari pengertian hingga hal yang diperlukan agar
manajemen dapat sukses. Selamat Membaca.
Pengantar Manajemen
Manajemen
adalah tindakan terlibat dengan bakat manusia organisasi dan menggunakan sumber
daya fisik di pembuangan manajer untuk mencapai tujuan dan sasaran yang
diinginkan secara efisien dan efektif.
Manajemen terdiri perencanaan,
pengorganisasian, staffing, memimpin, mengarahkan, dan mengendalikan organisasi
(sekelompok dari satu atau lebih orang atau badan) atau usaha
untuk tujuan mencapai tujuan.
Salah satu tugas yang paling penting
bagi seorang manajer secara efektif menggunakan sumber daya organisasi. Tugas
ini melibatkan penggelaran dan memanipulasi sumber daya manusia (atau modal
manusia), serta efisien mengalokasikan sumber daya keuangan, teknologi, dan
alami organisasi.
Pengertian Manajemen Menurut Ahli
Seperti yang
kita tahu manajemen berasal dari bahasa Inggris yaitu kata manage yang
dalam bahasa Indonesia berarti mengelola. Sehingga bisa kita pahami bahwa
manajemen merupakan proses mengelola hal yang diperlukan agar bisa mencapai
tujuan yang kita inginkan.
Seperti yang
dikutip melalui website jurnal-sdm.blogspot.co.id, terdapat banyak
sekali definisi manajamen yang disampaikan oleh ahli berikut ini
diantaranya :
Harold Koontz & O’ Donnel
Dari bukunya
yang berjudul “Principles of Management” mereka mengemukakan, “Manajemen berhubungan dengan
pencapaian sesuatu tujuan yang dilakukan melalui dan dengan orang-orang lain”
(Dayat, n.d,p.6).
George R. Terry
Dalam buku
dengan judul “Principles of Management” ia memberikan definisi: “Manajemen adalah suatu
proses yang membedakan atas perencanaan, pengorganisasian, penggerakkan
pelaksanaan dan pengawasan, dengan memanfaatkan baik ilmu maupun seni, agar
dapat menyelesaikan tujuan yang telah ditetapkan sebelumnya” (Dayat, n.d,p.6).
Thomas H. Nelson
Manajemen
perusahaan adalah ilmu dan seni memadukan ide-ide, fasilitas, proses, bahan dan
orang-orang untuk menghasilkan barang atau jasa yang bermanfaat dan menjualnya
dengan menguntungkan.
G.R. Terri
Manajemen
diartikan sebagai proses yang khas yang terdiri atas perencanaan, pengorganisasian,
pelaksanaan dan pengawasan yang dilakukan untuk menentukan dan usaha
mencapai sasaran-sasaran dengan memanfaatkan sumber daya manusia dan sumber
daya lainnya.
James A. F. Stoner
Manajemen
diartikan sebagai proses perencanaan, pengorganisasian, kepemimpinan, dan
pengawasan upaya (usaha-usaha) anggota organisasi dan menggunakan semua sumber
daya organisasi untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan.
Oei Liang Lie
Manajemen adalah
ilmu dan seni perencanaan pengorganisasian, pengarahan, pengkoordinasian dan
pengawasan sumber daya manusia dan alam, terutama sumber daya manusia untuk
mencapai tujuan yang telah ditentukan.
Fungsi dasar
Manajemen
beroperasi melalui berbagai fungsi, seperti perencanaan, pengorganisasian,
staffing, memimpin / mengarahkan, mengendalikan / monitoring, dan memotivasi.
·
Perencanaan:
Memutuskan apa yang harus terjadi di masa depan (hari ini, minggu depan, bulan
depan, tahun depan, selama lima tahun ke depan, dll) dan menghasilkan rencana
aksi.
·
Pengorganisasian:
Menerapkan pola hubungan antara pekerja dan memanfaatkan optimal sumber daya
yang diperlukan untuk mengaktifkan sukses melaksanakan rencana.
·
Staffing:
Analisis pekerjaan, rekrutmen, dan mempekerjakan orang-orang dengan
keterampilan yang diperlukan untuk pekerjaan yang tepat. Menyediakan atau
memfasilitasi pelatihan yang berkelanjutan, jika perlu, untuk menjaga kemampuan
saat ini.
·
Leading
/ mengarahkan: Menentukan apa yang perlu dilakukan dalam situasi dan membuat
orang untuk melakukannya.
·
Mengontrol
/ monitoring: Memeriksa hasil saat melawan rencana perkiraan dan membuat
penyesuaian jika diperlukan agar tujuan tercapai.
·
Memotivasi:
Motivasi adalah fungsi dasar dari manajemen karena tanpa motivasi, karyawan mungkin merasa terputus dari pekerjaan
mereka dan organisasi, yang dapat menyebabkan kinerja tidak efektif. Jika
manajer tidak memotivasi karyawan mereka, mereka mungkin tidak merasa pekerjaan
mereka memberikan kontribusi untuk tujuan keseluruhan organisasi (yang biasanya
ditetapkan oleh manajemen tingkat atas).
Posting Komentar